Cara Mudah Menggabungkan Video Dengan Subtitle - JokoPoi

Cara Mudah Menggabungkan Video Dengan Subtitle

Cara Mudah Menggabungkan Video Dengan Subtitle

Cara Mudah Menggabungkan Video Dengan Subtitle – Halo Konnichiwa, selamat datang di blog saya. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan cara untuk menggabungkan video dengan subtitlenya. 

Cara ini bisa berguna untuk kamu yang sedang mencoba untuk membuat terjemahan dari suatu film atau juga kamu yang mendownload film dari website di internet tapi tidak ada subtitlenya untuk bahasa yang kamu inginkan.

Cara yang saya bagikan ini biasa disebut soft-sub karena subtitlenya bisa diaktifkan dan dinon-aktifkan lewat pengaturan video player, sedangkan subtitle hard-sub subtitlenya sudah menempel dengan videonya, jadi tidak bisa kita non-aktifkan lewat video player. 

Kalau website yang digunakan untuk mencari subtitle dari berbagai film, saya biasa mencarinya di subscene.com, karena lebih lengkap dari situs lain, gratis, dan juga terjemahannya sesuai, ya memang tergantung penerjemah juga sih, tapi karena gratis ya nggak usah banyak mengeluh, bisa dicari lagi subtitle dari penerjemah lain, kalau mau yang lebih sempurna lagi sesuai kriteria pembahasaan kita masing-masing, dipersilahkan untuk membuat subtitle sendiri, betul?. Baik, langsung saja ke tutorialnya.

Cara Menggabungkan Video Dengan Subtitle

1. Pertama, silahkan menuju ke halaman ini https://mkvtoolnix.download/downloads.html untuk mendownload aplikasi mkvtoolnix.

2. Pastikan kamu sudah mempunyai file SRT/ASS (ekstensi untuk file subtitle), jika sudah lanjut ke langkah ke-3.

3. Disini saya menggunakan mkvtoolnix versi portable, untuk versi ini, cara memakainya dengan membuka yang mkvtoolnix-gui. nggak masalah juga kalau punya kamu yang versi instalan, saya cuma ngasih tahu aja untuk yang punya versi aplikasi seperti saya.



4. Setelah itu, klik Add source files, untuk memilih file film dan file subtitle yang ingin disatukan, setelah itu klik Open.




5. Langkah terakhir yaitu dengan menekan Start multiplexing, dan tunggu sekitar beberapa detik hingga proses penggabungan selesai.




Oke, sekian artikel dari saya mohon maaf jika ada kesalahan ketik, ataupun ada tulisan yang kurang jelas. Silahkan komentar di bawah jika kamu penasaran atau ada hal yang ingin di tanyakan. Dan jangan lupa untuk terus berkunjung ke blog ini. Sampai jumpa di artikel berikutnya.